Tuesday, April 29, 2014

5 Film Rekomendasi untuk Penulis

Aku suka mencari film tentang penulis. Terkadang tujuannya untuk mencari inspirasi, terkadang sekadar untuk belajar. Terkadang aku menonton demi mencari cerita teman yang seperjuangan. 5 film berikut sangat berkesan bagiku.

1. Freedom Writer (2007)
Berlatar sekolah integrasi antaretnis di Long Beach, film ini bercerita tentang guru bahasa Inggris, Erin Gruwell, yang berusaha memahami murid-muridnya melalui tugas menulis. Mereka boleh menulis apa pun. kegiatan menulis membantu mereka saling memahami meski berbeda. Kita bisa tahu apa manfaat menulis dan membaca dari film ini. 

Sumber Gambar: Movie Poster

2. The Word (2012)
Seorang penulis muda berjuang menyelesaikan novelnya. Sepulangnya bulan madu ke Paris, dia menemukan sebuah manuskrip di tas yang dia beli. Manuskrip itu sangat indah, sampai-sampai dia ingin mengetik ulang setiap katanya. Dia terpaksa mengakui itu karyanya sendiri dan buku itu terbit. Hingga suatu hari, penulis aslinya menemuinya dan meminta pertanggungjawaban. Inilah cerita tentang plagiarisme. 

Sumber Gambar: cronicariu

3. Finding Forrester (2000)
Seorang remaja kulit hitam di Bronx, Jamal Wallace, belajar menulis dari bapak tua, yang ternyata adalah seorang penulis terkenal. Forrester, nama bapak itu, sedang menjauh dari dunia penulisan dan tidak menulis lagi. Di sekolah, Jamal berhadapan dengan guru angkuh yang iri terhadap kemampuan menulis Jamal. Karena suatu kejadian, Forrester terpaksa menyelamatkan reputasi anak didiknya. Di film ini, kita bisa belajar bahwa siapa pun bisa menulis dengan banyak membaca dan banyak latihan menulis.   

Sumber Gambar: Baglan Filmizle


4. Julie and Julia (2009)
Julie kesal karena dia tidak bisa menyelesaikan novelnya, dan menjadi olokan teman-temannya. Dia mencari ide demi menunjukkan dirinya benar-benar penulis. Dia membuat blog, berisi jurnal usahanya untuk mencobai semua resep dari buku Julia Child. Di sisi lain, Julia Child berusaha menjadi penulis buku resep masakan untuk wanita-wanita Amerika. Ketekunan dan pantang berhenti hingga tugas terakhir dilaksanakan, alias sampai draft pertama selesai, adalah satu hal yang bisa kita ambil dari film ini. 

Sumber Gambar: Impawards


5. Authors Anonymous (2014)
Sekelompok penulis  masih berjuang agar bukunya diterima agen/penerbit. Mereka kumpul setiap Selasa malam untuk membahas karya masing-masing. Ada yang tidak pede dengan tulisannya, ada yang selalu menulis ulang 3 halaman yang sama, ada yang terlalu angkuh hingga memercayakan bukunya di-self-publish, ada yang terlalu banyak ide tetapi tidak pernah ditulis, dan ada yang tidak mau membaca buku. Hingga salah satu anggota, Hannah, cewek cantik tetapi sedikit bodoh, diterima naskahnya oleh agen, lalu penerbit, lalu akan dibuat film. Anggota lain ikut senang, tetapi mereka jelas-jelas iri hati. Semenjak itulah kehancuran kelompok mereka dimulai. Film ini sangat khas penulis. Ia menunjukkan betapa beragamnya sifat penulis dan bagaimana mereka mengusahakan karier kepenulisan mereka. 

Sumber Gambar: Ace Showbiz

Sudah pernah menonton film-film di atas? Atau ada film tentang penulis lagi yang sangat menarik untuk ditonton? 

Share:

4 comments:

Thank you so much for the comment.